Teman : Serpihan yang Menghilang

00000471Semalam, menjelang pukul 22:00, sebuah pesan masuk melalui aplikasi whatsapp ke ponsel saya. Sebuah pesan bertuliskan kata

“Fa”

Hehe. Sebuah pembuka pesan yang unik. Pembuka pesan semacam ini dulu sering saya dapati setidak-tidaknya sampai dua tahun lalu. Pembuka pesan dari orang-orang dekat, meski sebagiannya belum pernah bertemu.

***

Pernahkah engkau merasa canggung untuk menghubungi seseorang yang pada mulanya seseorang tersebut adalah orang yang dekat denganmu ? Oh… tidak. Saya tidak sedang membahas mantan pacar anda di sini. Ini lebih kepada : Sahabat. Teman-teman terdekat.

Di awal mula ketika engkau menyadari akan memasuki masa pra dewasa, maka boleh jadi engkau termasuk di antara yang gemar akan memperbanyak teman. Namun pada masa itulah, engkau akan menjumpai yang sejalan dengan hatimu. Tidak banyak. Mungkin hanya satu atau dua. Namun tidak sampai lima. Rasululloh shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

Ruh-ruh itu bagaikan pasukan yang berkumpul (berkelompok). (Oleh karena itu), jika mereka saling mengenal maka mereka akan bersatu, dan jika saling tidak mengenal maka akan berbeda (berpisah)

Pada masa itu, kita boleh jadi didekatkan dengan orang-orang yang ditakdirkan menjadi teman, atau bahkan sahabat. Karena merekalah yang sejiwa dengan kita. Ruh dengan tipe yang serupa. Namun seiring lengan jam dinding bergerak memutar, ketika itulah para pemilik nafas itu terpahat, di tempat yang berbeda. Di bumi yang berupa-rupa. Lalu pelan-pelan ikatan itu memudar.

Dulu, boleh jadi seorang dengan seorang lainnya akan selalu membersamai satu dan lainnya. Namun kini, untuk kembali menyapa saja, sudah segan.

Dan, apa kabar engkau di sana duhai kawan ? rekan jauh ? semoga baik-baik saja. Mudah-mudahan kelak kita bertetangga ya di Surga.

 

di sebuah ruangan ber AC dengan suhu 30 C

Ahmad Muhaimin Alfarisy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s