Pemilik Quotes Itu Akhirnya Merayakan Cinta

Petang lalu, Mas Gilang, salah seorang rekan saya di majelis Ustadz Afifi Abdul Wadud –hafidzhohulloh- menyapa saya sembari bertanya

“Antum besok kosong, Faris?”  Beliau memanggil saya dengan sebutan ini, tidak seperti halnya kebanyakan rekan saya yang lain yang memanggil saya dengan sebutan “Alfa”.

“Kenapa emang mas?”

“Mau datang ke Mas Andi?”

“Mas Andi siapa mas?”

“Mas Andi Octavian Latief, beliau akad besok, di Purwokerto. Masih ada kursi kosong 1 di bis, besok rencananya berangkat bareng”

“wah, saya ndak bisa datang mas. Kan saya ga diundang”

Setelah itu, salah seorang rekan saya lainnya menjelaskan bahwa satu kursi kosong yang terakhir telah diisi oleh rekan kami yang lain.

—————–

10438146_800284149995627_1103359253063350165_nBukanlah sebuah hal yang aneh jika saya tidak menjadi rekan yang diundang oleh Mas Andi dalam pernikahannya mengingat saya tidak tinggal di desa Pogung atau di lingkungan asrama tempat tinggalnya. Lagipula, meskipun saya memang mengenal beliau, akan tetapi beliau saya rasa tidak mengenal nama saya, meski kami beberapa kali bertegur sapa.

Akhirnya Mas Andi menikah juga. Saya sempat tertegun, perempuan manakah yang beruntung memilikinya? hehe. MasyaAlloh. Beliau adalah salah satu rekan kami yang perjuangannya dalam mencari ilmu sangat luar biasa. Ia sebelumnya merupakan pelajar berprestasi di bidang fisika bertahun-tahun yang lalu, dan mendapatkan beasiswa hingga studi S2 dan S3 di luar negeri. Diceritakan bahwa dulunya, semasa belum mengenal hidayah Islam, ia adalah laki-laki biasa yang mungkin terpengaruh banyak syubhat. Hingga akhirnya, semasa menjalani studi S3 di Amerika, Alloh menghendaki ia mendapatkan cahaya hidayah.

Hampir saja ia menjadi lulusan Doktor termuda Indonesia ketika itu, namun ia tinggalkan dan kembali ke Indonesia untuk belajar Islam, langsung dari sang ahli.

—————-

Sebuah momen yang paling saya ingat tentang beliau adalah pada sebuah senja, di majelis salah seorang guru kami, Ustadz Abu Yahya Ammi Nur Ba’its -hafidzhohulloh, yang mengampu materi Ushul Fiqh dalam kelas Ma’had Al-Ilmi di Masjid Pogung Dalangan. Ia bertanya pada guru kami dengan pertanyaan yang sangat rumit, yang seakan-akan kami semua tidak memahami maksud dari pertanyaan beliau kecuali guru kami seorang. Di situlah saya menyadari, betapa Alloh teramat baik padanya, yang memberikan kemampuan berpikir yang teramat cerdas, yang boleh jadi melampaui kemampuan berpikir setiap orang yang berada satu majelis dengannya.

Simak video berikut untuk melihat Mas Andi http://www.youtube.com/watch?v=uzvfg-q83FA

 

——————–

Satu lagi yang saya ingat tentang beliau adalah, kata-katanya yang sangat dahsyat mengenai ilmu. Kata-kata yang bak mutiara itu ditorehkan olehnya dalam sebuah status pada sebuah siang. Kata-kata itu bertuliskan demikian,

“mengatakan ilmu syar’i lebih afdhol tidak serta merta mengartikan bahwa ilmu dunia itu hina dina seluruhnya”

Kalimat itu memberikan banyak energi positif untuk saya pribadi, yakni untuk tidak menyia-nyiakan ilmu yang telah saya dapatkan di bangku kuliah. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk anda, wahai saudaraku. Berlaku untuk kita semua yang umumnya selain mencari ilmu syar’i, juga memiliki latar belakang keilmuan, baik sains, soshum dan lainnya.

Kita harus mengutamakan ilmu syar’i, namun jangan sia-siakan ilmu dunia yang bermanfaat, yang telah Alloh titipan pada kita”

——————-

Akhirnya, saya hanya ingin mengatakan

“Barakalloh- lakuma wabaroka – ‘alaykuma, wajama’a baynakuma fii khoyr…”

Selamat menempuh hidup baru Mas Andi. Semoga Alloh berkahi sampai surga, dan semoga dikaruniai keturunan yang banyak lagi sholeh. Aamiin.

Jika kemudian Mas Andi menemukan tulisan saya ini di google, mudah-mudahan Mas Andi sudah mengenal nama saya.

——————

Pojok Kamar Bercat Biru

Kocoran, Karang Asem, Catur Tunggal, Depok, Sleman

Ahad 22 Juni 2014, 16:56

Ahmad Muhaimin Alfarisy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s