Kata Pengantar dalam Skripsi

Akhirnya kita telah sampai pada suatu masa. Pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui.

Hehehe. Sok banget berpuitisasi.

Enggak.

Saya udah membuang jauh-jauh bahasa saya yang puitis,

Nanti saja, saya persiapkan untuk dipersembahkan kepada anak dan istri saja kelak.

Pen-And-Ink-Macro-Wallpaper-HD

Well, Alhamdulillah hari ini saya sudah sampai pada tahap penerjaan “Kata Pengantar” #Pffttt.

Dulu sempat kepikir, di kata pengantar

“Yaudah sih, nulis yang penting-penting aja. Orangtua, Ustadz, Dosen. Wis.”

Tapi, akhirnya saya ubah deh. Hehe. Panjang-panjang ga apa-apa. Hitung-hitung doa, dan sekaligus bisa menambah kenangan ketika nanti suatu hari saya iseng buka skripsi saya lagi :D.

Here it is. Check It out.

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta, kami panjatkan segala puji padaNya dan kami meminta pertolonganNya. Seraya memohon ampun dan meminta perlindunganNya dari segala keburukan jiwa kami dan dari kejelekan amaliah kami. Barangsiapa yang telah Allah tunjukkan jalan baginya, maka tiada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah sholawat dan salam bagi Rasul-Mu Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam berserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan orang-orang yeng mengikuti mereka dengan pemahaman yang tidak menyelisihi sunnahnya.

Penulis sadar bahwa banyak hal dapat terlaksana dalam penyusunan skripsi ini karena bantuan, motivasi, asuhan, bimbingan, dan dukungan oleh banyak pihak. Oleh karena itu, penulis ingin berterima kasih kepada :

  1. Ibu dan Ayah yang selalu membantu baik doa dan upaya sehingga semua bisa terselesaikan dengan baik seperti ini.
  2. Bapak Prof. Dr. R. Rijanta, selaku Dekan Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sekaligus sebagai Dosen pengampu Mata Kuliah Geografi Perdesaan  pada semester genap 2011, yang memberikan saya inspirasi untuk menulis skripsi dengan tema “livelihood”
  3. Ibu Alia Fajarwati S.Si., M.IDEA, selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan saran, pertimbangan, nasihat, dan motivasi dalam proses pengerjaan skripsi ini. Sekaligus Dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Penghidupan Masyarakat pada semester genap tahun 2012, yang memberikan saya ide untuk mengambil kasus masyarakat nelayan.
  4. Bapak Prof. Dr. M Baiquni, selaku Dosen Pembimbing II yang memberikan sejumlah ide dan perubahan untuk memperbaiki kualitas pengerjaan skripsi saya. Sekaligus dosen pembimbing akademik selama 6 semester , 2010-2013.
  5. Ustadz Ridwan Hamidi Hafizhahullohu ta’ala, Ustadz Aris Munandar Hafizhahullohu ta’ala, Ustadz Afifi Abdul Waduud  hafizhahullohu ta’ala,  Ustadz Abu Usamah Zaid Susanto Hafizhahullohu ta’ala, Ustadz Abduh Tuasikal Hafizhahullohu ta’ala yang senantiasa sabar mengajarkan ilmu sebagai perantara kami mendapatkan hidayah.
  6. Keluarga Bapak Siswanto dan Ibu yang bersedia menjadi tuan rumah kami selama melakukan penelitian di Indramayu.
  7. Farid Ibrahim yang meluangkan waktu memberikan pemahaman dan sekaligus menjadi “guide” pada perjalanan panjang Jogjakarta-Indramayu dalam suasana abu vulkanis gunung api kelud.
  8. Akbar Abdulfattah, yang banyak membantu pengerjaan skripsi ini yang tiadalah kami sangat mencintaimu melainkan karena Alloh.
  9. Andi Abdul Manaf, yang menjadi partner penelitian selama di Indramayu. Tiadalah pula kami mencintaimu lebih sedikit seperti kami mencintai Akbar dan Farid.
  10. Adikku nona Zahrah, yang selalu merasa dirinya adalah “Aayatul Husna” dalam Film “Ketika Cinta Bertasbih” dan di sisi lain menganggap saya adalah tokoh “Mas Abdullah Khairul ‘Azzam”.
  11. Mbak ku ‘Aisyah yang mengenalkan Manhaj Salaf dalam keluarga besar.
  12. Seluruh saudaraku yang jumlahnya banyak sekali.
  13. Seluruh adik keponakan yang membuat saya sering merindu. Terutama Adikku Nona Misbah, Nona Ela, Icha, Ipoed, Kakak Mimi, Kakak Sofia, Maidi, Akbar, Maryam, dan Khaulah.
  14.  Teman-teman yang super baik ;  Irham, Darus, Yahya, Mas Deni, Emmik, Akh Gagah dan rekan-rekan ngaji semuanya.
  15. Dan seluruhnya yang boleh jadi tidak memperdulikan apakah namanya turut serta dalam bagiaan “Kata Pengantar” ini.
  16. Serta seluruh yang telah berpartisipasi dalam penulisan skripsi ini.

Semoga Alloh memberikan balasan yang setimpal, atau lebih utama.

Penulis juga menyadari bahwa karya ini jauh dari sempurna. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga skripsi ini dapat memberi inspirasi dan bermanfaat ke depannya.

Well. Alhamdulillah ‘

Yogyakarta,

Penulis

Yap, saya rasa kelak ketika halaman kata pengantar ini saya serahkan kepada Ibu Alia, beliau akan meminta saya untuk menghapus beberapa. Tapi, saya siap beradu argumen kepada beliau. Ehehehehe 😀

Advertisements

3 thoughts on “Kata Pengantar dalam Skripsi

  1. kata pengantar saya juga banyak, dan ada persembahan untuk pengelola bidikmisi pusat maupun kampus, yang telah memberikan kesempatan kepada saya merasakan bangku kuliah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s