Diantara “Expecto Patronum” dan Kuliah Kerja Lapangan III

-sebuah memory-

Siang hari ini, salah seorang rekan saya di situs jejaring sosial facebook, mengirim sebuah foto di halaman beranda, seorang tokoh yang sangat terkenal. Harry Potter. Di bawah foto tersebut ia jelaskan bahwa bahasa-bahasa sihir, atau mantra-mantar sihir yang sering muncul di serial Harry Potter terdengar agak mirip dengan bahasa-bahasa atau istilah dalam ilmu anatomi yang sedang ia tekuni. Maklum saja, ia adalah seorang Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Melihat foto tersebut, serta merta sel otak saya terarahkan pada salah satu mantra yang terkenal dalam serial Harry Potter yakni : Expecto Patronum. Sebuah mantra yang sering digunakan oleh Harry Potter untuk mengusir para dementor yang bisa mengambil jiwa. Namun ada syarat yang harus dimiliki sebelum melafadzkan mantra “Expecto Patronum”, yakni engkau harus memiliki kenangan yang indah. Saya lalu mencoba mengingat-ingat kenangan indah yang saya miliki. Ehm. Hehehe .

Terkait kenangan yang indah, saya sepertinya tidak punya terlalu banyak. Salah satunya mungkin adalah perjalanan panjang bersama rekan saya Nur Yahya Ahmad Karim dan Puji Utomo di Jakarta. Namun, ah…. saya akhirnya ingat. Ada sebuah kenangan yang sangat indah dan menyenangkan yang pernah saya alami belum genap setahun yang lalu.

planning

Ketika itu adalah pekan ke 4 bulan juni 2013, kami Mahasiswa Program Studi Pembangunan Wilayah memiliki tugas kuliah lapangan terakhir. Seluruh Mahasiswa Program Studi yang berjumlah sekitar 50 orang dibagi menjadi dua kelas besar, yakni Mahasiswa Lapangan di Thailand, dan di Jogja. Saya sendiri, karena keterbatasan anggaran kala itu akhirnya memilih untuk ber-KKL di Jogja saja. Tema yang kami kerjakan adalah terkait Pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul.

Perjalanan panjang dimulai pada hari kedua. Tim yang saya berada di dalamnya total berjumlah 8 orang.

Mereka adalah Devki Firmansyah, Mahasiswa asal Rangkasbitung Banten, Miftahul Hadi, Mahasiswa asal Magelang, Isroatin Nasikhah, Mahasiswi asal Bojonegoro  (eh Mojokerto ding kata Niken Pradonawati) , Nanik Wijayanti, Mahasiswi asal Karanganyar, Yeski Kelsederi Mahasiswi asal Palembang, Try Mariance Simanjuntak Mahasiswi asal Medan, dan terakhir adalah Dita Setya Budi Pratama, Mahasiswa asal Pacitan. Selain tim inti, kami ditemani oleh dua orang Mahasiswa Pascasarjana asal negara Jerman bernama Daniel Foltyn dan Agnes “bee”.

Kami berangkat pagi-pagi sekali, sekitar pukul 07:00 dengan sebuah mobil avanza berwana putih. Titik  yang kami kunjungi adalah Gunung Api Nglanggeran, lalu Gua Pindul, Desa Wisata Bobung Kecamatan Patuk, dan terakhir adalah Pantai Sundak.

mulai lelah

Hal utama yang membuat perjalanan tersebut menyenangkan adalah, karena kuliah lapangan yang kami lakukan lebih mirip seperti murni jalan-jalan, murni berwisata. Itulah kenapa, ketika baru saja sampai di lokasi penelitian, kami biasanya bersegera untuk menyelesaikan wawancara dan pengisian kuesioner, agar bisa segera menikmati “wisata alam” yang kami lakukan.

Hal kedua yang membuat perjalanan tersebut menyenangkan adalah dua orang rekan kami lainnya yang berasal dari Jerman. Satu kesan yang sangat baik yang saya tangkap adalah, mereka berdua adalah dua orang yang sangat sopan, yang terlihat dari cara berpakaian atau tutur kata yang diucapkan. Ini juga menjadi kesempatan emas buat sebagian dari kami berlatih berbicara dengan bahasa inggris. Saking asiknya berbicara, saya sampai dibuat lupa bahwa lawan bicara saya adalah seorang wanita  (Agnes).

Itu adalah rekaman jejak yang paling menyenangkan selama berkuliah di kampus ini. mungkin jika dibandingkan dengan orang-orang lain, kenangan yang saya miliki bisa dikatakan biasa-biasa saja. Tapi buat saya, ini mungkin cukup untuk memaksimalkan mantra EXPECTO PATRONUM. Hehehehe

Di rumah Ibu

Plamo Garden-Batam Center-Batam

Ahmad Muhaimin Alfarisy

11 Maret 2014, 23:27

Leave a Reply

