Catatan ke-8

Catatan ke-8

Pinogu, 8 July 2013

Alhamdulillah, akhirnya aku sampai pada hari ke-7 atau kurang lebih seminggu semenjak KKN ini dimulai. Banyak hal yang terjadi selama 7 hari ini. Variasi makanan dan minuman yang berbeda-beda, perjalanan yang membuat menangis karena lelah, beberapa diantara kami diare di hari pertama, konflik internal, air yang keruh berasa dan berbau, tidur yang tidak nyaman, dan khusus untukku, merindukan mi instan. Keadaan  yang kami rasakan sangat berbeda jauh saat masih di Yogyakarta, Jakarta, Suwawa, dan Pinogu. Berat badanku bahkan sempat naik 5 Kg ketika berada di Suwawa. Akan tetapi saat ini sepertinya sudah kembali ke titik normal.

Salah satu masalah yang paling krusial di lokasi KKN adalah ketersediaan air bersih dan air minum. Air minum yang tersedia berwarna sangat keruh. Padahal sejak SD, kami sudah diajarkan bahwa air yang baik dan sehat untuk diminum adalah air yang tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak pula berbau. Dan air yang tersedia khususnya di tempat pertama kedatangan kami adalah tidak memenuhi semua persyaratan air sehat tersebut. Alhasil, sebagian diantara kami lebih memilih untuk menahan haus, seperti halnya yang terjadi pada diriku.

pengantaran

Malam lalu, 7 July 2013 tim kami lalu dipindahkan dari Kantor Camat Pinogu menuju home-stay per sub-unit masing-masing. Aku sendiri yang merupakan tim-B diistirahatkan di Desa Pinogu Permai beserta 5 peserta KKN lainnya, tepatnya di rumah keluarga Bapak Marjan Datu, dan Ibu Patma Deluma. Dan sungguh, 2 bulan yang panjang ini akan kami habiskan di rumah beliau sebagai tempat bernaung, tanpa sinyal ponsel, tanpa penerangan yang baik, tanpa listrik, dan makanan seadanya.

Foto-0145

Rumah Keluarga Bapak Marjan Datu

Keadaan yang serba kekurangan demikian membuat aku sampai lupa pada Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba. Ini adalah Ramadhan pertamaku yang akan bena-benar terpisah dengan keluarga, sejak awal Ramadhan hingga penghujung nanti.

PS : Segera siapkan target-target Ramadhan Mas Abdillah ^^

 

Pinogu Permai,

-Mas Abdillah

Dan beginilah bumi Pinogu itu ^^

Foto-0138Salah satu sisi Jalan Utama di desa Tilonggibila, Pinogu

Foto-0190

Desa Pinogu Permai

Foto-0192

Sebuah pemandangan pagi di Bumi Pinogu

tilonggibila

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s