Hal-Hal yang Menjaga dan Mengurangi ke-Istiqomah-an Seseorang

Hal-Hal yang Menjaga dan Mengurangi ke-Istiqomah-an Seseorang

Disarikan oleh

 Ahmad Muhaimin Alfarisy

Akhirnya setelah menjalani hari-hari panjang dan melelahkan selama KKN di Gorontalo, aku bisa kembali menikmati indahnya berkumpul dengan orang-orang yang rindu akan dekapan Rabb-Nya. Ahad pagi 1 September 2013 lalu, kajian rutin yang biasa aku ikuti di Masjid Kampus UGM kembali bisa aku bersamai. Menyenangkan, dan menghangatkan.

24874_114095395283899_111586528868119_198302_3536634_n

Pagi itu aku memang tidak se-siap biasanya. Aku hanya membawa Mushaf as-syamil milikku, sebotol air putih dan sekotak makanan. Aku tidak membawa buku catatan yang seharusnya menjadi senjata ampuh untuk menggenggam ilmu. Kajian pagi itu dibawakan oleh Ust. Abu Ayyub Hafizhahullahu ta’ala,, yang hari itu qodarulloh menggantikan Ust. Ridwan Hamidi Hafizhahullahu ta’ala yang sedang tugas luar kota.

Hari itu beliau melanjutkan Tafsir Surat Fusshilat ayat 30

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ ﴿٣٠

Orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” sebagai pengakuan atas kemahaesaan-Nya, kemudian menjalankan syariat-Nya secara istikamah, benar-benar akan selalu dikunjungi oleh para malaikat dengan mengatakan, “Kalian tak perlu merasa takut dengan kesusahan yang menimpa kalian, juga tak perlu bersedih dengan kebaikan yang tidak bisa kalian dapatkan. Sebaliknya, bergembiralah dengan surga yang dijanjikan kepada kalian melalui para nabi dan rasul.”

Kesalahan fatal yang ku lakukan dengan tidak membawa catatan membuat aku hampir melupakan sebagian besar materi yang beliau sampaikan. Namun alhamdulillah, untungnya masih ada yang sempat aku catatkan melalui aplikasi memo yang terdapat dalam ponselku. Berikut beberapa kesimpulan materi yang pada hari itu beliau tekankan pada pentingnya menjaga ke-Istiqomah-an dalam menjadi seorang muslim.

Hal-hal yang bisa menjaga keistiqomahan

  1. Senantiasa melakukan ketaatan. Iman itu naik turun. Kadang semangat dan kadang malas. Alhamdulillah, Islam memiliki banyak jenis ibadah. Variasi ini bisa kita gunakan untuk mengurangi kejenuhan. Karena tidaklah seseorang memperbaiki dan memperbanyak ibadahnya melainkan Alloh Subhanahu Wata’ala bertambah cinta padanya.
  2. Menyibukkan diri dengan ilmu-ilmu syariat, yang bermanfaat. Dengan sedikitnya ilmu yang kita miliki, maka tingkat kejenuhan akan semakin besar. Selain itu menyebabkan kita mudah terkena perkara-perkara syubhat. Orang-orang yang banyak ilmunya, maka fitnah dan syubhat tidak lagi menjadi masalah, karena ia mengetahui yang haq dan yang bathil.
  3. Perbanyaklah bertadarus Al-Qur’an. Qiroatil qur’an akan memberikan kita energi untuk selalu Istiqomah. Salah satu indikator istiqomahnya seseorang adalah sejauh mana interaksinya dengan Al-Qur’an. Tidak mungkin orang  yang baik agamany dan dalam ilmunya, namun jauh dari Al-Qur’an.
  4. Memperbanyak doa yang diajarkan Alloh dan Rasul-Nya. Misalnya “Yaa muqollibal quluub… Tsabbit qolbi ‘aladdiniik”
  5. Bersahabat dengan orang-orang sholih dan tidak mendekat kepada orang-orang zhalim kecuali dengan niat untuk mendakwahinya.

Selain menjelaskan hal-hal yang dapat menjaga keistiqomahan, beliau juga menjelaskan hal-hal yang bisa mengurangi keistiqomahan, diantaranya adalah

  1. Meremehkan dan bermudah-mudahan dalam bermaksiat. Walaupun maksiat tersebut kecil.
  2. Terlalu sibuk dengan dunia dan melalaikan akhirat
  3. Berlebih-lebihan dalam beribadah. Syaikhul islam Ibnu Taimiyah Rahimahullahu ta’alau berkata : sungguh Nadzar adalah sesuatu yang haram. Karena mewajibkan apa yang sebenarnya tidak wajib untuk kita. Sungguh yang telah Alloh wajibkan kepada kita sangat banyak yang tidak mungkin dapat kita penuhi semua. Kenapa harus ditambah ?

Wallohul musta’an

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s