Catatan ke-2

Catatan ke-2

Yogyakarta-Jakarta, 1 July 2013

Pukul 02:30,

HP-ku hilang ! aku menyadarinya ketika seharusnya ia masih tergantung di tali yang mengalung di leherku. Ujung tali pengait yang berhubungan dengan ponselku putus. Seolah-olah ia telah ditarik paksa. Aku berhusnudzon bahwa tidak seorangpun telah mencurinya. Akan tetapi selama perjalanan yang menidurkan kami, terjadi guncangan yang cukup kuat sehingga memutuskan tali ponselku. Aku meraba-raba kursi tempat duduk ku dan berusaha mencarinya dengan seksama, tentunya ditengah kegelapan sementara tidak ada penerangan di dalam bis. Musik terus berbunyi dan membuat hatiku cukup gusar. Aku terus mencari selama satu jam dan tidak menemukannya. Aku hampir menyerah danberharap waktu pagi segera datang sehingga penglihatan bisa lebih terbantu dengan adanya cahaya penerangan dari matahari. Untung saja salah seorang rekanku kemudian terbangun sehingga aku bisa menghubungi ponselku melalui ponsel miliknya. Alhamdulillah ponselku berdering setelah aku hubungi pada percobaan yang pertama. Ia ternyata jatuh dan terseret hingga masuk ke bawah kursi rekanku yang duduk di belakang. Alhamdulillah. Aku lalu bertayammun dan memulai qiyamul lail dalam keadaan duduk. Tapi sangat nyaman dan menentramkan.

Kami sampai di Purwakarta, Jawa Barat ketika waktu baru saja melewati pukul 05:00 pagi. Masih sangat jauh dari Jakarta. Aku belum menunaikan sholat subuh karena masih berharap bis akan berhenti di sebuah masjid dan memberikan kesempatan kepada penumpang Bis untuk menunaikan sholat subuh. Akan tetapi ternyata aku menemukan bahwa hal tersebut tidak memungkinkan.

Atas himbauan dosenku, aku lalu membangunkan seluruh penumpang bis untuk bertayammum saja lalu sholat subuh secara duduk di atas kursi masing-masing. Akan tetapi tak di sangka, 20 menit kemudian bis berhenti di seberang sebuah Pom Bensin dan kami gunakan untuk sholat subuh dan hajat kecil.

Keputusan bis untuk berhenti selama beberapa menit itu kemudian kami sadari sebagai sebuah kesalahan yang fatal. Karena akibatnya, kami terjebak macet yang sangat panjang di sebuah jalan yang berdekatan dengan sebuah kawasan industri yang cukup besar. Kemacetan panjang itu sempat memicu konflik antar kru bus dan pengguna jalan lainnya yang kebanyakan terdiri dari angkutan umum dan sepeda motor. Kami terjebak macet sekitar hampir satu jam.

Bis akhirnya mencapai Jakarta sekitar pukul 11:00. Namun perjalanan kembali terhambat akibat terjadi masalah pada ban kendaraan sebelah kiri bagian belakang. Kulit luar ban terlepas seperti terkuliti dan tak layak jalan. Perbaikan memakan waktu sekitar satu setengah jam dan waktu senggang hanya kami habiskan untuk mengobrol. Perjalanan kemudian dilanjutkan dan mencapai rumah singgah yang sebenarnya merupakan rumah milik salah seorang dosen pembimbing lapangan KKN kami sekitar pukul 13:00. Rumah beliau terletak di Bintaro, Tangerang, di sebuah komplek perumahan yang cukup mewah. Kami lalu bersegera makan siang, shilat dan serangkaian kegiatan pribadi lainnya, termasuk istirahat. Malam harinya kami berkemas dan membuat serangkaian persiapan untuk pemberangkatan ke Gorontalo. Pemberangkatan ke Gorontalo direncanakan pukul 03:00 dinihari dari rumah singgah milik dosen kami menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pemberangkatan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket direncanakan pada pukul 04:30. Kami malam itu tidur setengah nyenyak. Rumah yang kami singgahi tidak terlalu luas sehingga sebagian dari kami terpaksa tidur di luar. Aku termasuk yang tidur di bagian teras rumah beliau. Bukan karena tidak ada space lagi di bagian dalam. Hanya saja terlalu gerah. Semoga KKN ini menyenangkan.

Ahmad Muhaimin Alfarisy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s