Catatan Ke-1

Catatan Ke-1

Yogyakarta-Jakarta, 30 Juni 2013

Akhirnya hari ini tiba juga. Pagi ini tidak seperti biasa, karena semuanya akan terasa berbeda selama setidaknya 60 hari ke depan. Seharian aku mencoba untuk mengumpulkan kedamaian dalam hatiku agar aku siap untuk pemberangkatan hari ini. akan tetapi seperti yang aku duga, aku tak mampu menghadirkan kebahagiaan dan tentu saja kesiapan bathin untuk pemberangkatan hari ini. Aku bangun cukup pgi seperti biasa, namun tidak sempat melaksanakan rutinitas qiyamul lail seperti yang seharusnya dan biasanya aku lakukan. Rasanya baru kemarin aku berada di rumah mamahku di Batam. Masih hangat paha mamahku yang biasa aku jadikan bantal. Bukan karena aku masih bejiwa anak-anak, hanya saja aku tau ketika aku merebahkan kepalaku di atas pahanya, bukan hanya hatiku saja yang damai. Melainkan juga hatinya. Setidaknya dalam usiaku yang segini (20 tahun) mamaku masih bisa merasakan dan mengenang bahwa aku selamanya tetaplah anaknya.

Pagi-pagi sekali aku memasak semangkuk mi goreng lalu berangkat menuju Masjid Kampus UGM. Hari ini, seperti hari ahad biasanya, Ustadz Ridwan Hamidi Lc mengisi kajian rutin ahad pagi. Hatiku memang agak terasa gersang setelah lama tidak diisi oleh kajian-kajian yang dibawakan oleh pemateri-pemateri terkemuka di Jogja. Selama pulang ke Batam tanggal 15 lalu, aku sama sekali tidak mengikuti kajian islam manapun selain membaca tulisan-tulisan yang tersedia di muslim.or.id atau muslimah.or.id atau status nasehat atau fanpages islami lainnya. sekembali dari Batam pun aku langsung disibukkan dengan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan III Pembangunan Wilayah 2013 di Gunung Kidul selama 4 hari berturut-turut sehingga praktis tidak sempat mengikuti kajian di manapun hingga kemudian hari jumat tanggal 28 dan sabtu tanggal 29 aku baru menyadari bahwa semua Ustadz di Jogja sedang mengikuti dauroh di Malang. Sehingga mau tidak mau aku harus rela, tidak bisa menambah ilmu setidaknya selama dua bulan ditambah 2 minggu yang sudah aku lalui.

Ada sebuah kesedihan yang pelan-pelan muncul di dalam hatiku ketika harus merelakan perpisahan sementara waktu yang paling lama dengan kajian rutin ahad pagi Maskam UGM yang telah aku ikuti selama setahun lebih. Tapi aku telah membawa persiapan yang cukup, yakni kajian-kajian bersama Ustad terkemuka, serta beberapa kitab dalam format .mp3,  .pdf dan chm. Alhamdulillah, semoga bermanfaat.

Sepulang dari Maskam UGM aku mengambil laptopku dan mengerjakan file presentasi KKL III yang niat awalnya adalah untuk dikumpulkan hari itu juga. Akan tetap pukul 10:00 tubuhku kelelahan oleh suatu hal dan akhirnya menyerah dan aku terpaksa tidur hingga pukul 11:30 mendekati waktu zuhur. Selepas jamaah zuhur, aku mengayuh sepedaku menuju Gading Mas dan membeli perlengkapan yang sekiranya akan aku butuhkan dalam perlaksanaan KKN tahun ini. Di sana aku membeli pena, sarung tangan, sisir, dan obat anti nyamuk oles. Lalu aku mengayuh sepedaku menuju Pogung Kidul untuk membeli perdana Simpati, mengingat di lokasi KKN kami nanti tidak ada operator jaringan seluler selain yang dioperasikan oleh Telkomsel.

Pukul 13:30 aku meninggalkan kos-an ku dan berangkat menuju Fakultas Biologi UGM, tempat kami berkumpul sebelum berangkat dengan menggunakan bis eksekutif. Aku hanya membawa sedikit perlengkapan dan sangat sedikit pakaian. Selain pakaian dalam, aku hanya membawa 5 kaos dalam putih, 1 celana hitam panjang, 4 kemeja, 1 jaket, 1 baju koko, 2 pasang kaos kaki, 1 sarung tangan, handuk, perlengkapan mandi, laptop, berkas KKN, buletin at-tauhid sekitar 50 eksemplar, 1 sweater, serta pakaian yang aku pakai saat itu yang terdiri dari jaket almamater, 1 kaos KKN dan celana panjang hitam, kacamata, jam tangan, ponsel Samsung C3322, Charger, serta yang paling penting adalah Mushaf Syaamil. Setelah melakukan briefing dan serangkaian persiapan lainnya, kami berangkat menuju Jakarta pukul 15:30 tepatnya sesaat setelah sholat Ashar. Total jumlah kamu adalah 24 orang. 20 diantara kami adalah Mahasiswa KKN UGM yang terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. 2 orang dosen, dan 2 orang kru bis.

untuk blog

Ada rasa kesedihan yang tiba-tiba menyeruak ketika bis yang kami tunggangi pela-pelan merayap meninggalkan Kampus UGM tercinta. Kami semua tahu bahwa kami akan meninggalkan Kampus UGM dalam waktu yang paling lama selama 3 tahun menimba ilmu di kampus Nusantara ini. akan tetapi, kami menyadari bahwa KKN UGM adalah salah satu syarat untuk meraih gelar kesarjanaan, sehingga mau tidak mau dan apapun niat yang melatarbelakanginya, kami harus tetap melaksanakannya. Bagaimana denganku ? akh, sudah sejak awal aku katakan bahwa sekiranya mata kuliah ini menjadi mata kuliah pilihan, maka tentu saja aku tidak akan mengambilnya.

Setengah jam yang pertama dalah detik-detik yang cukup menyenangkan. Kami saling bertatap wajah untuk saling mengenal lebih dalam, dan dosen kami mengeluarkan bekal pisang goreng yang katanya ia buat sendiri. Dan memang, rasanya enak sekali. Agaknya aku tidak pernah memakan pisang goreng yang lebih enak di Jogja selama ini. namun setelahnya, kru bis menyalakan musik sehingga sangat mengganggu konsentrasi di dalam bis. Aku sendiri tengah membaca mushaf ku dan Yap, terpaksa harus berhenti.

Pukul 20:00 kami sampai di persinggahan untuk makan malam, tepatnya di Candisari, Kebumen. Menu yang disajikan cukup enak dan kami berhenti untuk sholat dan makan sekitar 40 menit. Kami lalu kembali melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Sebagian besar di antara kami memilih untuk tidur, namun sebagian yang lain bermain kartu remi. Aku sendiri memilih untuk tidur bersama kebanyakan penumpang 4 baris depan pertama. Pukul 23:30, aku menelpon mamaku setelah melihat ada beberapa missed call dari beliau yang tak membuatku bangun. Akh, aku lupa pembicaraan apa yang kami lakukan. Mungkin karena aku agak setengah sadar. Namun yang aku ingat hanyalah ibuku berpesan agar aku berhati-hati selama di perjalanan dan di Lokasi KKN.

Ahmad Muhaimin Alfarisy

Leave a Reply

